29 Agustus 2011

-Perempuan Itu-


Perempuan itu duduk di depan cermin di sudut kamarnya,
memandang wajahnya dan wajah orang2 yang dicintainya,
memandang seluruh kekuatannya

Perempuan itu menatap cermin dengan mata basahnya
yang kian lama menjadi isak tangis,
lalu ia menutup wajahnya dengan bantal hati berwarna coklat
agar suara tangisnya teredam
dan agar seisi rumah tak pernah tau segala laranya

Ia hanya mengucapkan "aku lelah Tuhan,, tolong aku,," sepanjang tangisnya,
aku ingin sekali memegang bahunya untuk memberitahunya bahwa aku selalu di sisinya,
namun aku tak kuasa, kubiarkan saja dia dengan dunianya sendiri di depan cermin itu

Sesekali dia terdiam, hanya menatap hampa ke cermin
matanya semakin membengkak, semakin menyiratkan duka
dan aku bukan batu yang tak tersentuh melihat itu, matakupun ikut basah,
lalu dia kembali menangis, tersedu,, lebih menyayat hatiku.

"Bunda, aku rindu, aku ingin dipeluk bunda, tak ada yang memelukku kini bunda untuk menawarkan segala rasaku"
kata2 itu terlerai dari bibirnya tetap dengan airmata yang berderaian,
tangisnya semakin menjadi2, sekuat tenaga ia tutupi wajahnya dengan bantal itu lagi
entah sudah berapa banyak airmata yang bantal itu tampung untuknya

Sampai akhirnya ia lelah menangis, lelah menatap cermin dan pantulan matanya,
ia berusaha meyakinkan dirinya bahwa dia perempuan kuat,
ia berusaha meredam segala emosi yang bercampur,
menghapus jejak air mata di pipi bundarnya
dan ia menghela nafas panjang untuk menenangkan hatinya

yah, dia memang berhenti menangis, berhenti duduk di sudut itu,
dan memalingkan wajahnya dari sang cermin,
karena dia enggan memandang wajah kekalahannya,
kekalahan dari perang kehidupannya
kekalahan dari batinnya,,

dan aku tetap hanya bisa menatapnya, tanpa melakukan apapun, karena aku yakin dia akan mampu melewati semuanya
sampai tugasnya sebagai perempuan itu selesai,,,

-Ryrie-

2 komentar:

Bintangsenjaku mengatakan...

Perempuan adalah makluk Tuhan yang sangat kuat menurutku, sebesar apapun beban hidupnya kadang dia tidak mau berbagi..semoga Allah meringankan bebannya :)

-Ryrie- mengatakan...

Amiin,,, [-o<

Kamu benar, perempuan memang makhluk Tuhan yang paling kuat,, :)